Menambah Kapasitas RAM Dengan Flahsdisk

Posted: Juni 4, 2013 in Uncategorized

Menambah Kapasitas RAM Dengan Flahsdisk

Secara umum Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh user untuk menyimpan program dan data. Nah masalah akan timbul ketika data yang disimpan dan data yang di akses sudah tidak berimbang dengan kapasitas RAM atau memory itu sendiri. Biasanya yang terjadi, kinerja komputer akan lamban, solusinya terpaksa kita harus meng-upgrade Memory atau RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Untuk teman-teman yang tidak ingin repot-repot membeli dan meng-upgrade memory/RAM komputer atau laptop, ada sebuah solusi jitu yang sangat ampuh untuk cara menambah kapasitas RAM dengan flahsdisk terutama pada sistem operasi Windows Vista dan XP.
Dalam windows vista yang di kenal sangat berat karena banyak menggunakan memory, Microsoft memasukan aplikasi yang dinamakan Readyboost. Aplikasi ini adalah aplikasi yg sengaja di tanam oleh pihak microsoft untuk meningkatkan performa dari windows vista sendiri, karena untuk menjalankan windows vista diperlukan banyak memory. Fungsi dari readyboost itu sendiri adalah, menambah kapasitas memory/ram dengan menggunakan UFD/flash disk. Disarankan menggunakan UFD yg besar kapasitasnya minimal 2 kali besar memory internal dari komp/NoteBook.
Instalasi pada Windows VISTA:
Klik kanan pada directory UFD anda, dan pilih properties –> readyboost –> use the device–> atur spaca yang diingingkan, disarankan full/maksimal –> selesai.
Cuma yg perlu di perhatikan, tidak semua UFD yg mendukung aplikasi readyboost, sebaiknya ditannyakan dulu sama penjual UFD-nya, apakah sudah support readyboost atau belum.
Instalasi pada Windows XP:
Untuk pengguna XP, kita harus menggunakan aplikasi tambahan karena kalo di XP belum ada aplikasi ready boost. Salah satu softwarenya yang bisa menggantikan fungsi readyboost pada Vista adalahEboostr.
Nah apa aja kehebatan dari software ini, ini beberapa kutipan dari publishernya :
  1. Memori cache (jika Anda memiliki banyak RAM terpasang)
  2. Kecualikan daftar (fitur yang paling diminta)
  3. Power saving mode
  4. Lebih dari 4GB cache ukuran file (pada sistem file NTFS )
  5. Satu flash drive digunakan pada komputer yang berbeda.
  6. Unlimited jumlah file dalam cache.
  7. Membangun cache proses perbaikan (termasuk statistik awal yang digunakan dari informasiprefetch XP)
  8. Load balancing perbaikan mekanisme.
  9. Dan besar kecil perbaikan dan peningkatan
  10. 16 Bahasa baru ditambahkan: Portugis, Ukraina, Finlandia, Ceko, Denmark, Hongaria, Bulgaria,Polandia, Korea, Swedia, Sinhala, Lithuania, Arab, Belarusia, Jepang dan Thailand dll.
Klik kanan di icon MyComputer, terus pilih properties –> advance –> setting pada performance –> advance –> change –>pilih set –>pilih directory ufd/nama ufd –>pilih no paging file –>sett –> finish –> restart komputer.
Lalu install Eboostr, yang belum download eboostr bisa download Eboostr 1 di sini.
                                                                                            download Eboostr 2 di sini
Jalankan —> pilih add —> pilih flashdisknya –> sett full pada “select the cache size (terserah mau full atau tidak –> OK –> Build Cache —> Finish. Restart komputer dan rasakan bedanya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s